Junia Fitri Mayang Sari. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Minggu, 09 Desember 2012

Tujuan Ekonomi Islam

Tujuan ekonomi islam dirumuskan sebagai berikut:
a. Mewujudkan peri kehidupan umat manusia yang makmur dam selalu dalam taraf yang lebih maju, dengan jalan melaksanakan produksi barang dan jasa dalam kualitas dan kuantitas yang cukup, guna memenuhi kebutuhan spiritual, dalam rangka menumbuhkan kesejahteraan duniawi maupun ukhrawi secara serasi dan seimbang.
b. Mewujudkan peri kehidupan ekonmi umat manusia yang adil dan merata, dengan jalan melaksanakan distribusi barang, jasa, kesempatan, kekuasaan dan pendapatan masyarakat dengan jujur dan terarah dan selalu menungkatkan taraf keadilan dan pemerataannya.
c. Mewujudkan perikehidupan ekonomi umat manusia yang stabil dengan jalan menghindari dari gangguan – gangguan inflasi dan gepresi maupun stagnasi, namun tidak menghambat laju pertumbuhan ekonomi masyarakat yang membawa kearah kegoncangan ekonomi.
d. Mewujudkan perikehidupan ekonomi yang serasi, bersatu, damai dan maju, dalam suasana kekeluargaan sesama umat, dengan jalan menghilangkan nafsu untuk menguasai, menumpuk harta ataupun sikap – sikap lemah terhadap gejala – gejala yang negatif.
e. Mewujudkan perikehidupan ekonomi yang relative menjamin kemerdekaan, baik dalam memilih jenis barang dan jasa, memilih system dan organisasi produksi, maupun memilih system produksi, sehingga tingkat partisipasi masyarakat dapat dikerahkan secara maksimal, denan meniadakan penguasaan lebih dari sekelompokmasyarakat ekonomi, serta menumbuhkan sikap – sikap keberamaan (solidaritas).
f. Mewujudkan perikehidupan ekonomi yang tidak menimbulkan kerusakan dibumi, sehingga kelestarian alam dapat dijaga sebaik – baiknya, baik alam fisik, social, cultural, maupun spiritual keagamaan.
g. Mewujudkan perikehidupan ekonomi untuk umat manusia yang relative mandiri tanp adanya ketegantungan yang berlebihan dari kelompok – kelompok masyarakat lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...